Monday, November 6, 2017

Penyembuhan insomnia dengan relaksasi mandiri

Insomnia adalah gangguan tidur yang cukup menganggu, dan terkadang akan merembet ke dalam kegiatan sehari hari, seperti produktivitas pekerjaan, hubungan antar manusia dan lain lain. Beberapa penyebab insomnia adalah sebagai berikut :
  1. Ketegangan Pikiran.
  2. Gangguan Hormonal.
Anda dapat mencoba metode relaksasi untuk menyembuhkan insomnia anda. Pemakaian metode ini harus di lakukan selama 7 hari atau lebih bagus 21 hari agar menanamkan kebiasaan dalam otak anda. Apabila selama 21 hari, anda telah bisa relaksasi sendiri maka penyakit insomnia anda berhenti .

Metode Relaksasi pertama – rileksasi pikiran
  1. Anda membayangkan di depan anda ada huruf 10, dan Anda mengatakan bahwa dengan semakin berkurang angka tersebut, anda akan semakin rileks. Ini adalah penting agar otak anda mengerti tujuan dari berkurangnya angka tersebut.
  2. Anda menarik napas (perut membesar) dan ketika anda menghembuskan napas (perut mengecil), maka Angka 10 berkurang menjadi angka 9, dan anda rasakan tubuh anda semakin rileks.
  3. Anda menarik napas (perut membesar) dan ketika anda menghembuskan napas (perut mengecil), maka Angka 9 berubah menjadi angka 8, dan anda rasakan tubuh anda semakin rileks.
  4. Lakukan no 3 terus sampai angka berubah menjadi nomor 1.
  5. Ketika sudah berada di angka 1, maka Anda akan merasa rileks di pikiran Anda. Anda bisa berhenti di sini, kecuali apabila Anda akan tidur maka silahkan sambung ke metode rileksasi selanjutnya.
Metode relaksasi pikiran ini bisa anda lakukan setiap anda mengalami ketegangan pikiran, dan sebaiknya di lakukan saat bangun tidur, saat siang hari dan saat pulang ke rumah. Rileksasi pikiran ini dapat di lakukan dengan cara duduk atau berbaring.

Setelah metode relaksasi pertama, anda akan merasa rileks dan santai. Ini berguna untuk menanamkan kebiasaan ke bawah sadar anda.

Ketika Anda akan tidur, anda melakukan Relaksasi Pikiran di atas dan setelah selesai, Anda melanjutkan dengan Relaksasi Badan di bawah ini.

Perlu di ingat Relaksasi Badan harus di lakukan didalam ruangan bercahaya gelap, atau apabila karena suatu kondisi menyebabkan tidak bisa mematikan lampu maka di sarankan untuk memakai penutup mata yang berasal dari kain berbusa. Cahaya yang redup memancing hormone melatonin di produksi.

Hormon ini bertanggung jawab atas jam biologis manusia, dan trigger nya adalah kekurangan cahaya yang di terima retina mata.

Relaksasi Badan dapat dilakukan dengan berbaring terlentang, atau posisi lain yang menurut anda nyaman dalam keadaan berbaring.

Metode Relaksasi badan adalah :
  1. Anda sudah berada di angka satu dan anda menarik napas dan ketika menghembuskan napas maka angka 1 menjadi angka 0 dan perlahan tapi pasti angka 0 ini menjadi balon cahaya (warna cahaya terserah anda) dan anda seolah tahu bahwa balon cahaya ini adalah energy rileksasi yang harus anda terima
  2. Bayangkan Balon Cahaya ini menghampiri kepala anda dan rasakan ketegangan di kepala, telingga dan hidung (terutama orang yang berkacamata, akan terasa ketegangan di otot hidung dan telingga), kemudian lepaskan ketegangan ini menjadi rileksasi yang nyaman di kepala.
  3. Bayangkan Balon Cahaya ini meresap ke dalam kepala Anda dan rasakan kepala anda makin rileks.
  4. Kemudian bayangkan rileksasi ini menyebar ke tangan kanan Anda, kemudian ke tangan kiri anda. Kendurkan otot otot yang terasa tegang baik di lengan maupun di jari.
  5. Lakukan hal yang sama dengan no 4, dengan objek di badan anda bagian atas.
  6. Lakukan hal yang sama dengan no 4, dengan objek di perut Anda.
  7. Kemudian turun ke kelamin
  8. Kaki Kanan
  9. Kaki Kiri
  10. Kembali ke perut.
  11. Dan rasakan perut anda mengembang ketika anda menarik napas dan rasakan perut mengempis ketika anda membuang napas. Anda bisa meletakkan kedua tangan anda diatas perut untuk memperkuat sensasi ketika perut mengembang dan mengempis. Relaksasi akan terjadi secara otomatis apabila anda membiasakan melakukan pernapasan perut.
  12. Lakukan ini sampai anda ketiduran dan akhinya tidur dengan nyenyak.
Kedua metode harus di lakukan berturut turut selama 21 hari tanpa jeda. Setelah selesai 21 hari, apabila tidak ada masalah maka insomnia anda sembuh.

Namun apabila dalam 14 hari pertama, anda tidak berhasil, dalam arti selama 14 hari Anda tidak berhasil satu pun untuk tidur maka ada baiknya anda melakukan pengecekan hormone, apakah anda kekurangan hormone melatonin. Dan biasanya dokter hormone akan memberikan therapy hormone melatonin kepada Anda.

Selamat mencoba. 

No comments:

Post a Comment

Artikel Terbaru

Workbook Analisis Teknikal

Pertama kali saya membaca buku ini, saya langsung tertarik karena merupakan workbook yang belum pernah saya lihat sebelumnya.  Saya ...

Artikel Rekomendasi